Sabtu, 09 Oktober 2010

Desain Grafis


Definisi desain grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Dalam pandangan Ilmu Komunikasi desain grafis adalah metode menyampaikan pesan visual berwujud teks dan gambar dari komunikator kepada komunikan. Dalam mendesain surat kabar misalnya, desainer grafis memerlukan pengetahuan tentang kebisaaan sang pembaca media agar dengan mudah mendesain tata letak dan visual yang cocok. Ini dengan motif agar pesan yang hendak disampaikan oleh media tersebut diterima dan sampai pada pembaca. Desain grafis juga lazim disebut desain komunikasi visual.

Beberapa definisi desain grafis dari para tokoh antara lain :
- Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai ” aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri“. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
- Jessica Helfand mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.
- Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.
- Menurut Michael Kroeger, Visual Communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).
Warren dalam Suyanto memaknai desain grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.
- Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.

Secara umum pengertian dari desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

Prinsip dan unsur desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Daftar Software Desain Grafis
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:

- Desktop publishing
* Adobe Photoshop
* Adobe Illustrator
* Adobe Indesign
* Page Maker
* Coreldraw
* GIMP
* Inkscape
* Adobe Freehand
* Adobe image ready
* CorelDraw

- Webdesign
* Macromedia Dreamweaver
* Microsoft Frontpage
* Notepad
* Adobe Photoshop

- Audiovisual
* Adobe After Effect
* Adobe Premier
* Final Cut
* Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
* Ulead Video Studio
* Magic Movie Edit Pro
* Power Director

- Rendering 3 Dimensi
* 3D StudioMax
* Maya
* AutoCad
* Google SketchUp
* Light Wave
* Blender



sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis

http://911medical.blogspot.com/2009/07/makalahpengertian-desain-grafis-menurut.html

Kamis, 07 Oktober 2010

Pengalaman dalam sistem informasi


Pengertian Sistem Informasi adalah satu Kesatuan data olahan yang terintegrasi dan saling melengkapi yang menghasilkan output baik dalam bentuk gambar, suara maupun tulisan.
Salah satu informasi yang dibutuhkan universitas adalah data-data mahasiswa agar pada saat para mahasiswa melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan kampus, seperti v-class atau kegiatan mengisi krs dapat lebih mudah dilakukan.
Pengalaman saya adalah membuat suatu program yang dapat memasukkan beberapa data mahasiswa dengan menggunakan bahasa pemrograman pascal. Berikut ini adalah output dan penjelasan dari program tersebut:





Pascal merupakan bahasa pemrograman yang terstruktur, jadi setiap program yang dibuat harus terstruktur atau berurutan. Karena itu juga kita harus menuliskan program (nama program), uses crt, type ,var, begin, end. Kita dapat membuat type yang diinginkan, jika pada umumnya tipe-tipe data yang sering digunakan adalah string, integer, real, dan lain-lain, maka pada program ini kita membuat tipe data yang belum diketahui oleh pascal. Program diatas digunakan juga record yang berfungsi untuk dapat menyimpan sekumpulan elemen data. Dengan begitu berarti tipe data diatas yang dibuat adalah tipe data rmhs, yang isinya atau elemen datanya adalah nama, npm, dan kelas. Perintah end; berarti mengakhiri perintah untuk membuat tipe. Selanjutnya dituliskan kata var untuk dapat mendeklarasikan variabel-variabel yang akan digunakan pada program tersebut. Program diatas selain menggunakan pointer dan record juga menggunakan perintah array. Array dibuat agar kita dapat memasukkan beberapa data pada pada satu program, seperti program diatas, kita dapat memasukkan/ menginput data-data mahasiswa atau beberapa nama mahasiswa serta npm dan kelas pada saat menjalankan program. Array ditulis pada saat mendeklarasikan variabel yang bisa diinput pada program tersebut lebih dari satu data. Karena itu pada saat mendeklarasikan variabel didalam var harus dituliskan array yang bentuk umumnya adalah ‘array [jumlah data pada variabel yang akan diinput] of (tipe data) ;’. Seperti pada program diatas variabel yang akan menggunakan array adalah variabel mhs maka pada program dituliskan :
Mhs:array [1..5] of rmhs;
Tipe data yang digunakan adalah tipe data yang sebelumnya telah dibuat, yaitu rmhs.
Pada program diatas dideklarasikan juga variabel n dan i. Variabel n digunakan untuk dapat memasukkan banyak data, sedangkan variabel i digunakan agar dapat menggunakan statement perulangan dengan perintah for-do. Statement for digunakan bila kita akan melakukan looping secara otomatis dari sebuah bilangan tertentu sampai bilangan tertentu. Karena itu dituliskan ‘for i := 1 to n do’, maksudnya agar dapat memasukkan data beberapa kali sesuai dengan yang ada pada jumlah yang sebelumnya telah ditentukan (sesuai pada variabel n yang diinput). Dan untuk mencetak output data-data mahasiswa dengan elemen-elemen pada tipe data diatas (nama, npm, kelas) maka menggunakan Readln(mhs[i].nm) digunakan agar pada saat data yang akan diinput lebih dari satu maka output yang tercetak akan tetap berurutan dengan karena dituliskan [i] . Dan untuk dapat menjalankan program dituliskan readkey; serta end. untuk mengakhiri program tersebut.

Follower

Chat

 

Copyright © 2008 Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez | Distributed by Deluxe Templates